Kamis, 23 Maret 2017

Kelahiran Attaya Bintang Pranawa

Lanjut dari postingan sebelumnya, di trimester ke 3 dengan diagnosa preeklamsia akhirnya gue harus melahirkan si bayi usia 34 minggu, which is gue mesti lahiran SC dan bayi gue lahir prematur. Tapi gue yakin aja Insya Allah kalo semuanya pasti baik-baik saja.

Attaya Bintang Pranawa lahir hari Senin tgl 09 Januari 2017, kelahirannya memang sudah ditunggu-tunggu sama keluarga kami, baik mertua dan orang tua gue sendiri, tapi siapa sangka kalau dia akan lahir lebih cepat 1 bulan dari perkiraan. Saat dia lahir gue gak bisa lakuin IMD karena kondisi lahiran SC dan juga Bintang harus segera di bawa ke ruang NICU. Bintang lahir dengan berat 2.180gr panjang 43cm, begitu dia lahir suami gue dipanggil sama Dokter dan dikasih tau kalau Bintang sudah lahir, suami gue cerita antara percaya dan gak percaya. Dokternya pun nyampein bahwa Bintang belum ada kekuatan ototnya jadi masih lemes banget waktu tangannya di angkat, terus yang bikin agak deg-degan Bintang sempet lupa nafas selama 14detik, makanya dia di inkubator masih dibantu dengan selang oksigen dan juga infus.

Gue belum bisa langsung ketemu Bintang sampe dengan hari kedua setelah lahiran, gue cuma bisa liat dari foto-foto yang diambil sama suami gue saat dia nengokin Bintang, dan saat itu gue cuma bisa nahan nangis karena gue pengen banget segera ketemu Bintang. Sehabis operasi gue masih transit di ruang pemulihan karena tensi gue masih dipantau terus masih tinggi apa engga. Begitu gue udah sadar penuh dari reaksi bius sekitar jam 3 sore gue disuruh belajar posisi tiduran miring sama perawatnya tapi gak ada yang bantuin gue buat belajar posisi miring, suami gue bolak balik ngurus administrasi Bintang di ruang NICU, terus di ruang pemulihan itu memang gak boleh ditungguin sama banyak orang. Akhirnya gue sambil nangis-nangis belajar miring kanan kiri walaupun gak bisa maksimal karena emang rasanya sakit banget bekas operasinya. Begitu bisa miring perawatnya bilang jam 9 malem belajar duduk, jam 6 sore gue pindah ke ruang observasi karena gue masih harus di observasi untuk tekanan darahnya. Disitu gue ngerasa lebih nyaman jadi gue mulai belajar lagi untuk posisi duduk, dan rasanyaaa nyeri banget. Kalo lo milih operasi SC pastiin gak lagi batuk karena pada saat lo batuk rasanya badan lo sama kaki lo mau kelepas jadi dua, sakitnya coyyyyy gak nahan.

Tapi gue gak mau ngerasain sakit terus-terusan karena gue mau ngeliat anak gue segera!! Jadi gue paksain aja duduk, berdiri walaupun nyerinya luar biasa. Hari ketiga gue dipindah ke ruang perawatan biasa, dan ngelewatin NICU gue bilang kalo gue pengen ngeliat anak gue di dalem ruangan, tapi sama susternya belum boleh, entahlah kenapa rasanya gue kesel bgt. Setelah sampai ruang perawatan gue diajarin sama susternya untuk massage supaya asinya cepet keluar, karena gue gak bisa nyusuin Bintang secara langsung jadi harus di pompa. Sebelumnya gue memang gak ada persiapan beli alat pompa asi, karena ya gue masih optimis bisa lahiran normal. Jadi karena pompa asinya dibutuhin segera jadi suami gue muter-muter babyshop di Bekasi buat beli alat pumping.

Sore harinya gue dikasih kesempatan untuk ketemu Bintang, dianter sama suami gue masuk ruang NICU dan gue liat anak gue di dalem inkubator, gue gak bisa ngomong apa-apa kecuali meneteskan air mata, gue nahan banget buat gak nangis, antara sedih dan seneng ngeliatnya. Bintang keliatan kecil banget, bahkan kuku-kuku jarinya pun belum keliatan atau belum tumbuh. Gue ditawarin sama susternya mau gendong bayinya, dalam hati gue ngomong gimana gendongnya kecil bgt gue takut kenapa-kenapa. Tapi gue berusaha ngilangin semua hal-hal pikiran negatif itu, gue langsung gendong Bintang dan rasanya makin mau nangis.... karena akhirnya gue bisa gendong dan meluk dia.

Masalah selanjutnya adalah kejar-kejaran produksi asi, Bintang yang masih di inkubator harus segera dapet asupan asi atau kalau asi gue belum keluar maka mau gak mau dikasih susu formula. Alhamdulillah gue dapet dokter yang baik, suami yang luar biasa baiknya, keluarga yang selalu dukung dan nyemangatin jadi gue di bantu terus supaya asi gue bisa keluar untuk Bintang.

Bintang bayi yang luar biasa pinter, karena dia mulai bisa beradaptasi dengan lingkungan, suhu ruangan dengan cepat jadinya dia pun bisa pulang ke rumah di hari kelima setelah dia lahir. Memang butuh penanganan ekstra untuk bayi prematur seperti Bintang, di awal Bintang lebih banyak tidur daripada minum asi, jadi mesti sering dibangunin dan dibiasakan minum untuk nambahin berat badannya dia.

Sekarang Bintang sudah 2 bulan walau sebenernya kalau untuk bayi prematur itu ada hitungan usia koreksi karena bayi prematur lahir lebih cepat daripada usia lahirnya, jadi usia koreksinya Bintang itu baru 1 bulan. Usia koreksi digunakan sebagai acuan perkembangan bayi, misalkan seperti Bintang saat ini usia kronologis (usia kelahiran) sudah 2 bulan, tapi perkembangannya bisa jadi tidak sama seperti bayi yg lahir tepat bulan. Jadi kalau ada keterlambatan dalam perkembangan sampai dengan usia 2 tahun itu merupakan hal yang wajar, dan disinilah nambah lagi tantangan buat gue sebagai Ibu untuk memperhatikan perkembangannya Bintang dengan baik. Sampai saat ini pun gue masih belajar untuk bisa bantuin Bintang supaya bisa jadi anak yang lebih pintar lagi dari hari ke hari, alhamdulillah Bintang memang anak yang pintar dan cepat beradaptasi.
Next gue akan lebih banyak nulis tentang perkembangannya Bintang sepertinya 😉😉

#30harimenulis #day4

**Bintang Baru Lahir**

**Bintang Setelah Dibersihin dan Masuk Inkubator**

**Bintang Usia 3 Hari**

1 komentar: